Senin, 08 Oktober 2012

Soal 1



Gerak Parabola

Bagaimanakah Gerak Parabola Terjadi?
Dalam tulisan berjudul Disources on Two New Sciences, Galileo mengemukakan sebuah ide yang sangat berguna dalam menganalisis gerak parabola. Dia menyatakan bahwa kita dapat memandang gerak parabola sebagai gerak lurus berarturan pada sumbu horizontal (sumbu X) dan gerak lurus  berubah beraturan pada sumbu vertical (sumbu Y) secara terpisah. Tiap gerak ini tidak saling mempengaruhi tetapi gabungannya tetap menghasilkan gerak parabola.
Gerak vertical ke bawah tidak dipengaruhi oleh gerak vertical. Oleh karena itu, sebuah bola yang dilempar horizontal dan sebuah bola yang dijatuhkan bebas pada saat yang sama akan tiba di lantai pada saat yang sama, sesuai dengan apa yang diprakirakan oleh Galileo.  



·         Sebelum memecahkan soal tentang gerak parabola, Anda harus memahami rumusnya terlebih dahulu. Berikut penjabarannya :



Cara memecahkan soalnya :

1.      Sebuah bola sepak bola yang ditendang menempuh lintasan parabola  dan menyentuh tanah pada tempat yang jauhnya 60 m dan arahnya membentuk 37 derajat terhadap horizontal. Hitunglah :
a.       Kelajuan awal bola
b.      Lama bola di udara
c.       Kelajuan di titik tertinggi
           
            Jawab :
            R = 60 m
            α= 37 derajat
            g = 10 m
            Vo =? t=? Vtx =?


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar